Peluang dan Tips Jual Buku Impor Secara Online

Photo credit: unsplash.com

Berjualan barang impor sebenarnya tidak hanya terbatas pada pakaian, furnitur, atau peralatan elektronik. Buku impor di Indonesia ternyata juga memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, ada banyak buku-buku yang tidak beredar di toko buku konvensional dalam negeri. Oleh sebab itu, berjualan buku impor dapat menjadi alternatif bisnis terbaik untuk Anda. Agar dapat memanfaatkan peluang dengan baik, simak tips jual buku impor secara online berikut ini.

Mengetahui permintaan pasar

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika Anda hendak berjualan buku impor secara online adalah mencari tahu buku-buku apa yang banyak diminati pembaca dalam negeri. Anda dapat mengecek tren buku internasional yang sedang hype di kalangan masyarakat tanah air. Mulai dari buku bacaan saintifik hingga fiksi tentu memiliki target market yang berbeda-beda. Ada baiknya jika Anda menyesuaikan dengan ‘kepada siapa buku itu akan dijual’. Dengan begitu, buku impor yang ditawarkan memiliki pasar yang tepat.

Memilih supplier terbaik

Dalam berjualan barang impor, sebagai importir Anda tentu harus memilih supplier terbaik. Artinya, buku-buku impor yang ditawarkan merupakan cetakan asli dan dalam kondisi yang masih bersegel. Pastikan juga bahwa supplier tersebut menyediakan fitur pengembalian apabila terjadi kerusakan buku import selama ekspedisi. Hal ini perlu diperhatikan agar Anda tetap mendapat kepercayaan dari konsumen setia.

Menjual dengan harga bersaing

Setelah mendapatkan buku impor dengan kualitas terbaik, sekarang saatnya menentukan harga jual buku tersebut. Hindari untuk membanderol buku impor dengan harga sangat tinggi hanya untuk memperoleh keuntungan. Sebaliknya, Anda dapat menetapkan 10-20% keuntungan dari masing-masing buku impor tersebut. Memang keuntungan yang diperoleh tidak cukup besar, tetapi dengan harga bersaing, buku impor Anda lebih diminati dan pembelian akan berlangsung secara kontinu.

Kemas dalam packaging menarik

Beberapa penjual buku impor terkadang hanya menyertakan sampul plastik bawaan buku tersebut. Nah, untuk menjadi lebih unggul di kalangan konsumen, Anda dapat membuat inovasi terbaru dengan mengemas buku impor dalam packaging menarik. Letakkan buku di dalam box dengan warna-warna cantik, lengkap dengan bonus pembatas buku. Kemasan yang menarik ini akan mendukung peningkatan pada angka penjualan buku impor Anda.

Memanfaatkan platform media sosial

Selain berjualan di situs e-commerce, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Instagram. Jual buku impor di Instagram membutuhkan tingkat kreativitas dalam menampilkan foto produk Anda. Pastikan yang ditampilkan adalah buku-buku impor hasil jepretan Anda sendiri agar tidak tersandung persoalan hak cipta. Selain itu, tambahkan juga tagar seperti #bookgrammer atau #bukuimpormurah agar lebih mudah ditemukan pengguna yang lain.

Buat sistem PO dan pilih ekspedisi terpercaya

Jika Anda memiliki modal terbatas untuk menjual buku impor, tidak ada salahnya mencoba peluang dengan memanfaatkan sistem pre-order alias PO. Dengan begini, Anda hanya akan membeli buku-buku impor pesanan pelanggan kepada pihak supplier. Namun, biasanya penjualan buku impor dengan sistem PO harus diawali dengan pembayaran DP setidaknya hingga 50% dari harga buku. Jangan lupa, pilih ekspedisi terpercaya agar buku impor lekas tiba di kota tujuan pelanggan dan berada dalam kondisi yang aman atau tidak mengalami kerusakan.

Tunggu apa lagi? Jual buku impor secara online tidak sesulit apa yang Anda bayangkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Begini Cara Impor Barang yang Tepat dan Aman

Photo Credit: PxHere.com

Ada kalanya barang yang Anda inginkan tidak dapat ditemukan di Indonesia. Sebagai alternatif, mungkin Anda akan mempertimbangkan untuk mengimpor barang dari luar negeri. Namun, membeli barang dari luar negeri jelas tidak sama dengan di Indonesia. Anda harus menghadapi lebih banyak peraturan dan ketentuan untuk dipatuhi.

Hal tersebut mungkin akan membuat Anda enggan untuk mengimpor barang dari luar negeri. Padahal, dengan cara yang tepat, Anda bisa mendapatkan barang incaran dengan aman. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan agar kegiatan impor Anda tetap aman berjalan.

Tentukan barang yang ingin Anda impor

Pertama-tama, yang harus dilakukan sebelum melakukan impor adalah menentukan jenis barang. Anda harus sangat berhati-hati saat menentukan barang karena impor berkaitan dengan proses bea cukai yang terkenal rumit. Pastikan barang yang akan Anda impor bukan merupakan barang yang dilarang untuk masuk ke Indonesia.

Anda bisa mengecek apakah barang incaran dilarang untuk masuk ke Indonesia atau tidak melalui repository Indonesia National Trade. Situs yang dikelola oleh Indonesia National Single Window ini tergolong cukup up-to-date sehingga Anda bisa mengetahui barang apa saja yang dilarang untuk masuk ke Indonesia hingga saat ini.

Temukan supplier yang terpercaya

Agar barang impor incaran Anda bisa sampai dengan selamat, carilah supplier yang terpercaya.  Jika Anda mengimpor barang melalui situs e-commerce, biasanya akan terlihat mana supplier yang terpercaya dan tidak. Tetapi jika tidak, Anda bisa memilih negara importir yang memiliki tingkat keamanan tinggi seperti Singapura, Qatar, dan Taiwan. China yang selama ini dikenal sebagai pemasok beragam barang di dunia juga tergolong sebagai negara yang aman.

Pilihlah cara pengiriman yang tepat

Barang yang Anda impor tidak akan sampai ke tempat tanpa adanya pengiriman. Pengiriman merupakan hal yang paling krusial dalam impor barang karena membutuhkan waktu paling lama. Selain itu, dalam proses pengiriman, status barang Anda menjadi rawan karena tidak dapat dipantau secara langsung.

Untuk itu, Anda perlu memilih cara pengiriman yang tepat. Jika barang yang Anda impor kurang dari 100 kg, ada baiknya untuk memilih pengiriman lewat udara. Namun, jika barang yang Anda impor banyak dan lebih dari 100 kg, jalur laut merupakan pilihan yang tepat. Supaya lebih mudah, Anda bisa memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan mereka akan menentukan mana yang lebih baik.

Sebaiknya gunakan asuransi

Agar keamanan barang Anda semakin terjamin, sebaiknya gunakanlah asuransi. Biasanya, pihak pengiriman akan menawarkan asuransi guna melindungi keamanan barang. Ini memang akan membuat jumlah uang yang harus Anda bayarkan bertambah, tapi ada baiknya keluar duit lebih daripada merugi di akhir. Komunikasikan dengan supplier Anda supaya keamanan terjaga dan bila suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, mereka tidak akan lepas tangan.

Perhatikan urusan kepabeanan

Poin terakhir ini merupakan bagian paling mendebarkan dari proses impor karena akan ada kemungkinan barang Anda ditahan oleh pihak Bea Cukai. Jadi, pastikan barang Anda bukanlah barang terlarang. Jangan lupa juga untuk membayar bea masuk, cukai, pajak penghasilan 22, dan biaya lainnya. Baca ketentuan impor yang dibuat oleh Bea Cukai untuk meminimalisir risiko terjadinya barang yang ditahan.

Selama ini, mengimpor barang identik dengan proses yang rumit dan penuh risiko. Namun, jika Anda menerapkan tips di atas, risiko tersebut dapat diminimalisir. Untuk proses impor yang aman, Anda bisa menggunakan situs terpercaya seperti Importir.

Begini Tips Impor Barang untuk Pemula yang Layak Anda Coba

Photo Credit: Pixabay

Bisnis impor barang saat ini mengalami kenaikan tren dan perkembangan yang pesat. Bergelut di dunia bisnis impor barang dari luar negeri memang bukan hal yang mudah. Namun, tantangan tersebut dapat Anda taklukkan bila memiliki pengetahuan dan memahami seluk beluk bisnis impor dengan baik. Apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis impor? Inilah tips impor barang untuk pemula yang layak Anda coba.

Lakukan riset

Sebelum memulai terjun di dunia bisnis impor, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset, baik riset produk maupun riset pasar. Pastikan bahwa Indonesia memiliki pasar yang tepat untuk produk yang akan Anda impor. Lakukan riset tentang jenis produk apa yang saat ini sedang diminati oleh pasar Indonesia.

Ingat, barang impor memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Sebaiknya untuk pemula jangan mencari barang yang mahal, namun pilihlah produk yang unik, jarang ada di Indonesia, dan memiliki harga yang murah untuk dijual lagi. Carilah supplier yang terpercaya sehingga dapat mengurangi risiko saat Anda mengimpor barang.

Cari harga kompetitif

Setelah anda menentukan produk yang sesuai, carilah penjual yang mematok harga paling kompetitif. Kesulitan? Anda bisa memanfaatkan platform jual beli online. Bila melakukan impor dari Tiongkok, lakukan perbandingan harga jual dari situs online seperti TaoBao atau AliExpress. Situs tersebut memberikan informasi mengenai rata-rata harga dan siapa saja supplier yang menjualnya. Tanyakan informasi terkait ketentuan pembelian seperti MQQ (Minimun Order Quantity) dan spesifikasi dari produk.  Cara ini akan membuat Anda mendapatkan supplier terbaik dengan harga yang paling terjangkau.

Pelajari cara pemasaran

Mengerti cara memasarkan produk  adalah hal yang sangat penting bagi seorang importir. Anda harus memahami cara menjual produk secara online dengan memanfaatkan market place yang ada di Indonesia atau melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Cara pemasaran seperti ini dapat mempercepat pengenalan produk Anda dengan cost yang murah.

Mengurus kepabeanan

Kepabeanan adalah segala hal yang berhubungan dengan pemantauan lalu lintas barang masuk dan keluar daerah pabean. Dalam kepabeanan, ada yang disebut dengan API (Angka Pengenal Importir), yakni tanda pengenal Anda sebagai importir.

API terbagi menjadi dua, yaitu API-U yang ditujukan pada barang impor yang akan diperdagangkan lagi dan API-P yang barangnya akan digunakan sendiri oleh perusahaan. Banyak ketentuan yang harus Anda penuhi dalam mengimpor barang dan membutuhkan banyak dokumen. Izinnya bisa Anda urus di dinas perdagangan setempat agar tidak terjadi masalah saat barang telah sampai di bea cukai.

Pahami tahapan proses impor

Setelah mengerti cara berbisnis impor, Anda harus memahami tahapan proses cara impor barang ke Indonesia. Untuk memulainya, ada beberapa tahapan proses. Setelah harga, kulitas dan kuantitas barang disetujui oleh kedua belah pihak, proses pembayaran bisa dilakukan. Perjanjian perdagangan (term of trade) akan disepakati dan barang akan dikirim. Sesuaikan dengan berapa lama Anda ingin barang tersebut sampai ke tempat tujuan. Proses validasi data-data selanjutnya akan dilakukan, baik pengiriman lewat jalur darat, laut dan udara.

Impor barang dan aktivitas perdagangan internasional memang identik dengan proses yang lama dan juga rumit. Tak hanya itu, mau tidak mau Anda juga harus berurusan dengan peraturan dan hukum dari dua negara yang berbeda. Namun, bila Anda terus belajar dan memahami seluk beluknya dengan baik, maka peluang bisnis impor barang ini bisa sangat menguntungkan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Cara Mencari Supplier Barang Impor yang Aman dan Terpercaya

Photo Credit: PxHere.com

Jika Anda berminat untuk berjualan, mencari barang dagangan dari luar negeri bisa menjadi solusi. Ada kalanya barang yang dijual di luar negeri memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan barang dari dalam negeri. Namun, yang menjadi permasalahan di sini adalah jarak.

Jarak membuat Anda kesulitan untuk menentukan keamanan supplier dari luar negeri karena Anda tidak bisa mengecek langsung. Tenang saja, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan supplier barang impor yang aman dan terpercaya.

Tentukan barang dan target market Anda

Tanpa adanya detail yang terperinci mengenai barang yang Anda inginkan, proses impor tidak akan terjadi. Oleh karena itu, jauh sebelum menentukan supplier, Anda sudah harus mengetahui barang apa yang akan diimpor.

Guna memudahkan Anda untuk menentukan barang, tentukanlah target market terlebih dahulu. Anda bisa memilih barang yang sedang populer dan banyak peminatnya saat ini. Selain itu, supaya barang yang Anda impor cepat terjual kembali, pilihlah barang yang memang sudah memiliki pasar sendiri namun susah didapatkan di sini, seperti barang koleksi semacam action figure.

Lakukan riset kecil-kecilan

Setelah Anda mengetahui barang untuk diimpor, sekarang saatnya mencari supplier. Seharusnya, dengan mengetahui barang yang akan diimpor, Anda akan lebih mudah untuk mencari supplier. Hal ini dikarenakan saat Anda telah memutuskan untuk mengimpor suatu barang, secara tidak langsung daftar pencarian akan menyempit.

Langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mencari supplier adalah dengan melakukan riset kecil. Anda bisa mencoba menanyai teman yang sudah berpengalaman dalam bidang impor atau dengan mendatangi pameran impor.

Manfaatkan mesin pencari online

Jika Anda tidak memiliki kenalan yang berpengalaman dalam bidang impor, cobalah untuk memulai pencarian Anda dari mesin pencari online. Saat ini, beragam informasi dapat terlacak oleh mesin pelacak. Oleh karena itu, mencari supplier barang impor juga seharusnya dapat dilakukan oleh mesin pelacak. Cukup masukkan keywords tertentu dan Anda akan mendapatkan informasi yang diinginkan.

Perhatikan izin dan track record

Setelah mendapatkan beberapa nama supplier dari riset dan pencarian yang telah Anda lakukan, jangan langsung terburu-buru menghubungi mereka. Banyak data yang harus Anda pastikan dan cek kebenarannya. Salah satunya adalah izin dan track record mereka. Pastikanlah mereka memiliki reputasi yang baik.

Anda dapat mengecek hal-hal tersebut melalui ulasan yang diberikan oleh pelanggan mereka. Untuk izin, biasanya supplier besar akan mencantumkannya karena hal tersebut merupakan sebuah nilai jual tersendiri.

Jangan lupakan metode pembayaran

Dengan poin-poin di atas, seharusnya Anda sudah bisa menemukan supplier yang aman dan terpercaya. Namun, karena urusan impor terkait dengan dana yang tidak sedikit, Anda harus ekstra hati-hati.

Ada baiknya Anda juga mencari tahu metode pembayaran apa yang digunakan oleh supplier incaran. Sebuah poin tersendiri jika supplier yang Anda pilih menggunakan metode PayPal atau Letter of Credit (L/C). Kedua metode pembayaran ini dikenal lebih aman jika dibandingkan dengan metode lain seperti open account atau pembayaran langsung karena uang akan “ditahan” dulu oleh pihak ketiga sebelum diberikan kepada supplier.

Gunakan situs jual beli yang terpercaya

Jika Anda masih belum bisa menemukan supplier barang impor, situs jual beli yang sudah terpercaya bisa jadi solusi terbaik. Mencari supplier melalui situs jual beli mampu meminimalisir risiko. Supplier yang ada dalam situs jual beli akan cenderung susah untuk melakukan kecurangan karena ada sistem yang mengawasi mereka.

Gunakan situs impor seperti Importir untuk mencari supplier barang impor. Importir telah mengirimkan puluhan ribu barang impor sejak tahun 2015 dan telah terhubung dengan dua belas negara produsen. Kualitas layanannya tak perlu Anda ragukan lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa lakukan untuk mencari supplier barang impor yang aman dan terpercaya. Kuncinya adalah jangan malas melakukan riset untuk memastikan track record dan kualitas layanan yang diberikan oleh supplier barang impor.

Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Mudah Mendapat Modal Beli Barang Impor

Photo credit: unsplash.com

Berbisnis barang impor cenderung lebih mudah memberi keuntungan, sebab Anda dapat membeli dengan harga lebih murah dan dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.  Perbedaan antara biaya pembelian dan penghasilan kotor adalah laba bersih yang dapat Anda peroleh dari penjualan barang import

Sebelum mengimpor barang, sudah pasti Anda membutuhkan dana untuk membiayai pembelian dari supplier serta biaya pengiriman. Dalam keadaan ini, keuangan dalam bisnis Anda setidaknya akan diikat selama 30-60 hari hingga Anda memiliki barang impor yang siap untuk dijual ke pasar domestik. Tanpa modal usaha yang cukup, Anda bisa bangkrut bahkan sebelum memulai bisnis impor itu sendiri. Jangan khawatir, berikut adalah lima cara mudah mendapatkan modal untuk membeli barang impor. Yuk, simak!

Gunakan uang tabungan pribadi

Bagi importir pemula yang belum memiliki cukup modal untuk membeli barang impor, tak perlu tergesa-gesa untuk mengajukan pinjaman ke bank. Gunakan saja uang tabungan pribadi yang saat ini dimiliki. Tentu saja, cara ini jauh lebih aman dan tidak berisiko panjang seperti pinjaman yang harus dibayarkan secara rutin dalam nominal dan tenggat waktu tertentu. Namun, sebelum menggunakan uang tabungan, pertimbangkan juga apakah segala kebutuhan pokok Anda sudah dapat terpenuhi dengan baik.

Ajukan pinjaman bank

Jika bisnis barang impor mulai berkembang, maka Anda akan membutuhkan modal beli barang impor dengan nominal yang lebih besar. Dalam kondisi ini, Anda sudah diperkenankan untuk mengajukan pinjaman modal usaha dari bank. Beberapa bank konvensional di Indonesia menyediakan beberapa macam pilihan pinjaman, seperti Kredit Multi Guna dengan jaminan aset atau Kredit Tanpa Agunan yang tanpa jaminan tapi memiliki bunga lebih besar. Sesuaikan jenis pinjaman dengan kondisi keuangan bisnis Anda.

Menggadaikan aset berharga

Cara mudah lainnya yang dapat dilakukan untuk memperoleh modal dalam berbisnis barang import adalah dengan menggadaikan aset berharga yang Anda miliki. Aset berharga tersebut dapat berupa surat tanah, surat kepemilikan rumah, ataupun kendaraan bermotor. Namun, jangan lupa untuk mengembalikan pinjaman dana yang diberi oleh pihak pegadaian agar aset berharga Anda tidak disita dikemudian hari.

Joint venture

Yang dimaksud dengan joint venture adalah bisnis yang dimulai dengan modal usaha patungan. Artinya, Anda dapat mengajak anggota keluarga atau kerabat lain untuk bersama-sama menjalankan bisnis barang impor. Melalui sistem joint venture, nantinya keuntungan dan kerugian akan dibagi sama rata. Pastikan Anda menulis perjanjian kerja sama tersebut secara tertulis dan bermaterai untuk mencegah terjadinya konflik di masa yang akan datang.

 

 

Ikut seminar

Saat ini, pemerintah Indonesia beserta seluruh lapisan jajarannya sedang menggalakkan program wirausaha guna mengurangi angka pengangguran di dalam negeri. Nah, Anda juga dapat bergabung dalam seminar-seminar yang diadakan oleh pihak tersebut. Jangan keliru, seminar terkait bisnis impor memiliki banyak manfaat bagi importir seperti Anda. Selain mendapat ilmu dan wawasan baru, Anda juga berkesempatan untuk mendapat bantuan modal usaha.

Itulah tadi cara mudah mendapat modal beli barang impor yang dapat Anda lakukan sebagai seorang importir pemula. Ingat, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Semakin Anda berusaha keras, maka kesuksesan semakin berada dekat dengan Anda. Tak perlu berkecil hati jika hanya memiliki modal usaha kecil, ada banyak cara dan peluang yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Happy working!

Raih Keuntungan Besar Jual Baju Impor Murah Dengan Cara Ini

Photo credit: unsplash.com

Berbisnis baju impor murah masih menjadi alternatif terbaik bagi importir pemula seperti Anda. Hal ini disebabkan karena penduduk Indonesia cenderung konsumtif terhadap perkembangan fashion dunia. Terlebih pada remaja yang selalu ingin tampil fashionable setiap saat.

Untuk itu, Anda dapat meraih keuntungan besar lewat baju impor murah yang dijual. Penasaran seperti apa caranya? Yuk, simak!

Mengikuti tren fashion

Sebagai importir yang bergerak dibidang fashion style, tentu Anda harus selalu up-to-date dengan perkembangan gaya busana yang tengah berlangsung. Ingat, masing-masing target market memiliki tren fashion yang berbeda.

Misalnya, bagi Anda yang memiliki konsumen berusia remaja, saat ini cenderung lebih menyukai tren fashion Korea. Sebaliknya, jika konsumen Anda adalah ibu rumah tangga, maka saat ini mereka lebih menyukai tren modestfashion. Dengan mengikuti tren fashion, tentu baju impor yang Anda tawarkan lebih menarik minat beli.

Mengutamakan kualitas

Beberapa importir menganggap remeh persoalan kualitas saat berjualan baju impor. Padahal kualitas menjadi kunci utama pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Seberapa trendi atau hype baju impor yang ditawarkan tidak menarik minat beli jika berada dalam kondisi cacat. Kualitas juga akan menentukan apakah konsumen tersebut akan kembali untuk pembelian selanjutnya, atau bahkan tidak sama sekali.

Mematok harga kompetitif

Persaingan bisnis baju impor murah di Indonesia saat ini sudah semakin sengit. Tak heran jika para importir pun akhirnya berkompetisi dalam mematok harga jual baju import mereka. Sebaiknya, Anda tidak mematok harga yang jauh di atas angka penjualan baju impor tersebut di negara asalnya. Hal ini akan membantu Anda untuk bertahan di tengah persaingan bisnis baju impor murah yang semakin memanas.

Menciptakan katalog produk sendiri

Setelah menentukan harga jual baju impor, Anda perlu mengasah kreativitas lebih dalam untuk menciptakan katalog produk sendiri. Sekali pun baju impor murah tersebut sudah tersedia fotonya dari pihak supplier, tidak ada salahnya jika Anda membuat katalog lagi dari proses foto dan editing secara mandiri. Hal ini tentu akan meningkatkan daya tarik baju impor Anda dibandingkan dengan importir lain yang serupa.

Tawarkan program membership

Sebelum mengharap keuntungan besar jual baju import, coba lebih dulu Anda mempertahankan daya tarik di hadapan konsumen. Melalui program membership atau keanggotaan, konsumen akan merasa lebih dekat dengan bisnis Anda. Terlebih jika terdapat penawaran-penawaran menarik yang hanya diperoleh oleh anggota saja. Percaya atau tidak, program membership ini jugalah yang dilakukan oleh berbagai outlet penjual baju impor murah. Dan terbukti sukses!

Mengadakan program diskon

Konsumen mana yang tak suka dengan diskon? Jangan ragu mengadakan program diskon bagi pembeli setia produk baju impor Anda. Namun, nominal potongan diskon sebaiknya juga harus diperhatikan agar tidak menyebabkan kerugian tersendiri bagi perusahaan. Umumnya, program diskon ini diadakan pada perayaan spesial seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, atau bahkan peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Itulah tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna meraih keuntungan besar dari berjualan baju impor murah. Sebagai catatan tambahan, Anda dapat menjual baju impor murah secara online ataupun konvensional melalui sebuah toko/outlet sederhana.

Jangan lupa untuk selalu rutin mengecek ketersediaan stok agar Anda dapat menjadwalkan pengiriman impor dari supplier di periode selanjutnya. Selamat mencoba!

7 Cara Berjualan Barang Impor yang Dijamin Sukses

Photo credit: unsplash.com

Di era globalisasi seperti saat ini, berjualan barang impor menjanjikan keuntungan lebih besar bagi para pebisnis. Apalagi didukung dengan berbagai sarana komunikasi dan transportasi yang memudahkan Anda dalam berjualan barang impor. Tentu saja, berbisnis barang impor tetap membutuhkan strategi yang tepat. Berikut tujuh cara berjualan barang impor yang dijamin memberi kesuksesan untuk Anda!

Lakukan riset produk

Sama seperti berjualan barang konvensional buatan dalam negeri, sebelum menjadi importir sebaiknya Anda terlebih dulu melakukan riset produk. Termasuk dalam hal kualitas, kuantitas, dan keuntungan yang akan didapatkan dari berjualan barang impor tersebut. Sebaiknya pilih produk yang sudah Anda kuasai dengan baik. Hal ini akan membantu Anda dalam menyeleksi produk berkualitas terbaik di antara produk serupa yang banyak dijual oleh supplier. Dengan begitu, barang impor yang dibeli tidak menimbulkan kerugian untuk Anda.

Pilih barang berisiko rendah

Bagi importir pemula, ada baiknya jika memulai berjualan barang impor dengan produk rendah risiko. Pilih barang impor yang dipakai di luar saja, bukan dikonsumsi seperti bahan makanan atau obat-obatan. Pasalnya, barang-barang konsumsi yang diimpor lebih berisiko terhadap kesehatan dan keselamatan jiwa seseorang. Jika salah memilih produk, maka Anda akan terancam hukuman pidana, terlebih apabila sampai jatuh korban.

Sesuaikan dengan target audiens

Setelah menemukan barang impor yang tepat, cek kembali apakah barang tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Pastikan bahwa barang impor pilihan Anda diminati dan punya jumlah calon konsumen cukup besar. Penyesuaian dengan target audiens ini merupakan kunci utama kesuksesan berjualan barang impor.

Hindari barang palsu/KW

Pada dasarnya, peraturan mengenai merek dagang atau hak paten di beberapa negara eksportir seperti Tiongkok belum seberapa ketat. Tak heran jika masih banyak barang impor berkualitas KW atau palsu beredar bebas. Namun, untuk mengantisipasi barang impor Anda ditolak oleh petugas bea cukai, maka sebaiknya hindari untuk pembelian barang palsu maupun KW. Perlu diketahui, mengedarkan atau menjual barang palsu/KW juga ada tuntutan pidananya.

Selektif memilih supplier

Tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kredibilitas supplier barang Anda. Pilih supplier yang memang memiliki track records baik di kalangan importir seluruh dunia. Anda juga bisa memanfaatkan situs e-commerce online sperti AliExpress atau TaoBao saat akan berjualan barang impor dari Tiongkok. Umumnya, kedua situs e-commerce ini menampilkan informasi lengkap tentang spesifikasi produk dan harga rata-rata yang dijual oleh para supplier. Artinya, Anda dapat lebih mudah, cepat, dan tepat dalam menemukan supplier untuk bisnis impor.

Pelajari urusan bea cukai

Berapa pun ukuran dan jumlah barang impor yang masuk harus melalui screening Bea Cukai. Selain menyertakan Nomor Identitas Kepabeanan, sebagai importir Anda juga harus memahami bahwa terdapat dua jenis Angka Pengenal Importir (API). Pertama, API-U (Umum) untuk barang impor yang akan diperdagangkan kembali. Kedua, API-P (Produsen) untuk barang impor yang akan digunakan oleh suatu perusahaan importir itu sendiri.

Manfaatkan media sosial secara maksimal

Media sosial adalah tempat terbaik untuk Anda berjualan barang impor. Pasalnya, melalui media sosial, Anda dapat lebih mudah menjangkau audiens yang sesuai dengan target. Baik Facebook, YouTube, atau Instagram dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda berjualan barang impor. Pastikan Anda selalu menampilkan gambar produk secara optimal serta tulis kualifikasi dari barang impor tersebut dengan jelas. Dalam waktu sekejap, Anda pun bisa menjadi importir yang sukses!

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk berjualan barang impor. Jadi, apakah sekarang Anda sudah siap berjualan barang impor sendiri di Indonesia? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!