Cara Mencari Supplier Barang Impor yang Aman dan Terpercaya

Photo Credit: PxHere.com

Jika Anda berminat untuk berjualan, mencari barang dagangan dari luar negeri bisa menjadi solusi. Ada kalanya barang yang dijual di luar negeri memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan barang dari dalam negeri. Namun, yang menjadi permasalahan di sini adalah jarak.

Jarak membuat Anda kesulitan untuk menentukan keamanan supplier dari luar negeri karena Anda tidak bisa mengecek langsung. Tenang saja, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan supplier barang impor yang aman dan terpercaya.

Tentukan barang dan target market Anda

Tanpa adanya detail yang terperinci mengenai barang yang Anda inginkan, proses impor tidak akan terjadi. Oleh karena itu, jauh sebelum menentukan supplier, Anda sudah harus mengetahui barang apa yang akan diimpor.

Guna memudahkan Anda untuk menentukan barang, tentukanlah target market terlebih dahulu. Anda bisa memilih barang yang sedang populer dan banyak peminatnya saat ini. Selain itu, supaya barang yang Anda impor cepat terjual kembali, pilihlah barang yang memang sudah memiliki pasar sendiri namun susah didapatkan di sini, seperti barang koleksi semacam action figure.

Lakukan riset kecil-kecilan

Setelah Anda mengetahui barang untuk diimpor, sekarang saatnya mencari supplier. Seharusnya, dengan mengetahui barang yang akan diimpor, Anda akan lebih mudah untuk mencari supplier. Hal ini dikarenakan saat Anda telah memutuskan untuk mengimpor suatu barang, secara tidak langsung daftar pencarian akan menyempit.

Langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mencari supplier adalah dengan melakukan riset kecil. Anda bisa mencoba menanyai teman yang sudah berpengalaman dalam bidang impor atau dengan mendatangi pameran impor.

Manfaatkan mesin pencari online

Jika Anda tidak memiliki kenalan yang berpengalaman dalam bidang impor, cobalah untuk memulai pencarian Anda dari mesin pencari online. Saat ini, beragam informasi dapat terlacak oleh mesin pelacak. Oleh karena itu, mencari supplier barang impor juga seharusnya dapat dilakukan oleh mesin pelacak. Cukup masukkan keywords tertentu dan Anda akan mendapatkan informasi yang diinginkan.

Perhatikan izin dan track record

Setelah mendapatkan beberapa nama supplier dari riset dan pencarian yang telah Anda lakukan, jangan langsung terburu-buru menghubungi mereka. Banyak data yang harus Anda pastikan dan cek kebenarannya. Salah satunya adalah izin dan track record mereka. Pastikanlah mereka memiliki reputasi yang baik.

Anda dapat mengecek hal-hal tersebut melalui ulasan yang diberikan oleh pelanggan mereka. Untuk izin, biasanya supplier besar akan mencantumkannya karena hal tersebut merupakan sebuah nilai jual tersendiri.

Jangan lupakan metode pembayaran

Dengan poin-poin di atas, seharusnya Anda sudah bisa menemukan supplier yang aman dan terpercaya. Namun, karena urusan impor terkait dengan dana yang tidak sedikit, Anda harus ekstra hati-hati.

Ada baiknya Anda juga mencari tahu metode pembayaran apa yang digunakan oleh supplier incaran. Sebuah poin tersendiri jika supplier yang Anda pilih menggunakan metode PayPal atau Letter of Credit (L/C). Kedua metode pembayaran ini dikenal lebih aman jika dibandingkan dengan metode lain seperti open account atau pembayaran langsung karena uang akan “ditahan” dulu oleh pihak ketiga sebelum diberikan kepada supplier.

Gunakan situs jual beli yang terpercaya

Jika Anda masih belum bisa menemukan supplier barang impor, situs jual beli yang sudah terpercaya bisa jadi solusi terbaik. Mencari supplier melalui situs jual beli mampu meminimalisir risiko. Supplier yang ada dalam situs jual beli akan cenderung susah untuk melakukan kecurangan karena ada sistem yang mengawasi mereka.

Gunakan situs impor seperti Importir untuk mencari supplier barang impor. Importir telah mengirimkan puluhan ribu barang impor sejak tahun 2015 dan telah terhubung dengan dua belas negara produsen. Kualitas layanannya tak perlu Anda ragukan lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa lakukan untuk mencari supplier barang impor yang aman dan terpercaya. Kuncinya adalah jangan malas melakukan riset untuk memastikan track record dan kualitas layanan yang diberikan oleh supplier barang impor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.