Jangan Khawatir, Ini 5 Cara Mudah Mendapat Modal Beli Barang Impor

Photo credit: unsplash.com

Berbisnis barang impor cenderung lebih mudah memberi keuntungan, sebab Anda dapat membeli dengan harga lebih murah dan dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.  Perbedaan antara biaya pembelian dan penghasilan kotor adalah laba bersih yang dapat Anda peroleh dari penjualan barang import

Sebelum mengimpor barang, sudah pasti Anda membutuhkan dana untuk membiayai pembelian dari supplier serta biaya pengiriman. Dalam keadaan ini, keuangan dalam bisnis Anda setidaknya akan diikat selama 30-60 hari hingga Anda memiliki barang impor yang siap untuk dijual ke pasar domestik. Tanpa modal usaha yang cukup, Anda bisa bangkrut bahkan sebelum memulai bisnis impor itu sendiri. Jangan khawatir, berikut adalah lima cara mudah mendapatkan modal untuk membeli barang impor. Yuk, simak!

Gunakan uang tabungan pribadi

Bagi importir pemula yang belum memiliki cukup modal untuk membeli barang impor, tak perlu tergesa-gesa untuk mengajukan pinjaman ke bank. Gunakan saja uang tabungan pribadi yang saat ini dimiliki. Tentu saja, cara ini jauh lebih aman dan tidak berisiko panjang seperti pinjaman yang harus dibayarkan secara rutin dalam nominal dan tenggat waktu tertentu. Namun, sebelum menggunakan uang tabungan, pertimbangkan juga apakah segala kebutuhan pokok Anda sudah dapat terpenuhi dengan baik.

Ajukan pinjaman bank

Jika bisnis barang impor mulai berkembang, maka Anda akan membutuhkan modal beli barang impor dengan nominal yang lebih besar. Dalam kondisi ini, Anda sudah diperkenankan untuk mengajukan pinjaman modal usaha dari bank. Beberapa bank konvensional di Indonesia menyediakan beberapa macam pilihan pinjaman, seperti Kredit Multi Guna dengan jaminan aset atau Kredit Tanpa Agunan yang tanpa jaminan tapi memiliki bunga lebih besar. Sesuaikan jenis pinjaman dengan kondisi keuangan bisnis Anda.

Menggadaikan aset berharga

Cara mudah lainnya yang dapat dilakukan untuk memperoleh modal dalam berbisnis barang import adalah dengan menggadaikan aset berharga yang Anda miliki. Aset berharga tersebut dapat berupa surat tanah, surat kepemilikan rumah, ataupun kendaraan bermotor. Namun, jangan lupa untuk mengembalikan pinjaman dana yang diberi oleh pihak pegadaian agar aset berharga Anda tidak disita dikemudian hari.

Joint venture

Yang dimaksud dengan joint venture adalah bisnis yang dimulai dengan modal usaha patungan. Artinya, Anda dapat mengajak anggota keluarga atau kerabat lain untuk bersama-sama menjalankan bisnis barang impor. Melalui sistem joint venture, nantinya keuntungan dan kerugian akan dibagi sama rata. Pastikan Anda menulis perjanjian kerja sama tersebut secara tertulis dan bermaterai untuk mencegah terjadinya konflik di masa yang akan datang.

 

 

Ikut seminar

Saat ini, pemerintah Indonesia beserta seluruh lapisan jajarannya sedang menggalakkan program wirausaha guna mengurangi angka pengangguran di dalam negeri. Nah, Anda juga dapat bergabung dalam seminar-seminar yang diadakan oleh pihak tersebut. Jangan keliru, seminar terkait bisnis impor memiliki banyak manfaat bagi importir seperti Anda. Selain mendapat ilmu dan wawasan baru, Anda juga berkesempatan untuk mendapat bantuan modal usaha.

Itulah tadi cara mudah mendapat modal beli barang impor yang dapat Anda lakukan sebagai seorang importir pemula. Ingat, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Semakin Anda berusaha keras, maka kesuksesan semakin berada dekat dengan Anda. Tak perlu berkecil hati jika hanya memiliki modal usaha kecil, ada banyak cara dan peluang yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Happy working!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.