Jangan Salah, Berikut Cara Menjadi Importir yang Harus Anda Ketahui

Photo credit: unsplash.com

Tertarik untuk menjadi importir sukses di Indonesia? Anda dapat memulainya saat ini juga. Namun demikian, pastikan Anda sudah memiliki kesiapan dalam mempelajari hal-hal baru yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya. Panduan untuk menjadi importir terpercaya dan sukses bisa Anda simak pada artikel ini.

Modal usaha yang cukup

Untuk menjadi importir barang, pastikan bahwa Anda telah memiliki modal usaha yang cukup. Pasalnya, seorang importir akan melakukan transaksi jual-beli dalam jumlah besar dari luar negeri. Selain itu, selalu perhatikan nilai tukar rupiah ke mata asing terutama dolar AS guna menghindari kekeliruan perhitungan modal dan keuntungan yang ditargetkan. Dengan modal usaha yang cukup, Anda akan lebih mudah menjalankan arus bisnis sebagai importir.

Mampu berbahasa asing dengan baik

Selanjutnya, selain modal berupa sejumlah nominal uang, Anda juga harus memiliki modal kemampuan bahasa asing dengan baik. Tentu saja, bahasa adalah alat komunikasi yang terpenting saat Anda akan melakukan percakapan dengan pihak supplier di luar negeri. Setidaknya Anda perlu menguasai dua bahasa asing yang banyak digunakan saat berbisnis barang-barang impor, seperti Bahasa Inggris dan Mandarin.

Mampu bertahan di dalam tekanan

Sebagai seorang importir ,mau tidak mau Anda dituntut untuk mampu bertahan di dalam situasi apapun. Mengingat, pasar internasional kondisinya lebih rumit jika dibandingkan dengan pasar dalam negeri, mulai dari prosedur hingga kebiasaan dan sifat supplier yang berbeda-beda sesuai dengan latar tempat tinggal mereka. Tak heran jika Anda harus bersiap menghadapi segala macam konsekuensi yang akan terjadi, terutama ketika pemesanan barang mengalami hambatan.

Menguasai prosedur impor barang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda wajib memahami dan menguasai dengan baik segala prosedur impor barang. Hal ini bertujuan agar bisnis Anda tidak mengalami hambatan dari pihak supplier, ekspedisi, maupun petugas bea cukai dalam negeri. Berbisnis barang impor sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku akan menghindarkan Anda dari kerugian berupa denda. Dengan begini, penjualan barang impor pun dapat berjalan lebih lancar.

Memahami prosedur pemesanan barang impor

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah persoalan prosedur pemesanan barang impor. Perlu diketahui bahwa pembelian barang secara besar-besaran dari supplier di luar negeri memiliki peluang kesalahpahaman yang cukup besar. Umumnya, hal ini terjadi akibat perbedaan bahasa dan waktu setempat. Ingat, pemesanan barang dari luar negeri memerlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pemesanan barang dari supplier dalam negeri. Untuk itu, Anda perlu memilih jasa ekspedisi terbaik dan memperhitungkan waktu pengiriman dengan baik.

 

Memilih jasa ekspedisi terpercaya

Saat ini ada banyak perusahaan penyedia jasa ekspedisi pengiriman barang secara global. Namun, tidak semua perusahaan ekspedisi memiliki kredibilitas yang baik. Di sinilah Anda harus bersikap teliti dan hati-hati dalam menentukan pengiriman barang impor. Bukan hanya untuk meminimalisir kerugian berupa materiil, kesalahan pengiriman barang impor juga akan menurunkan kredibilitas Anda di mata pelanggan setia.

Nah, tidak sulit, bukan, untuk menjadi importir di Indonesia? Jika masih ragu untuk memulai, Anda dapat mengikuti beberapa workshop terkait bisnis barang-barang impor. Dengan begitu, wawasan dan ilmu untuk menjadi importir terbaik bisa Anda dapatkan. Jangan ragu untuk belajar dari importir yang sudah berpengalaman agar Anda lebih yakin untuk meneruskan bisnis barang impor di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.