Peluang dan Tips Jual Buku Impor Secara Online

Photo credit: unsplash.com

Berjualan barang impor sebenarnya tidak hanya terbatas pada pakaian, furnitur, atau peralatan elektronik. Buku impor di Indonesia ternyata juga memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, ada banyak buku-buku yang tidak beredar di toko buku konvensional dalam negeri. Oleh sebab itu, berjualan buku impor dapat menjadi alternatif bisnis terbaik untuk Anda. Agar dapat memanfaatkan peluang dengan baik, simak tips jual buku impor secara online berikut ini.

Mengetahui permintaan pasar

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika Anda hendak berjualan buku impor secara online adalah mencari tahu buku-buku apa yang banyak diminati pembaca dalam negeri. Anda dapat mengecek tren buku internasional yang sedang hype di kalangan masyarakat tanah air. Mulai dari buku bacaan saintifik hingga fiksi tentu memiliki target market yang berbeda-beda. Ada baiknya jika Anda menyesuaikan dengan ‘kepada siapa buku itu akan dijual’. Dengan begitu, buku impor yang ditawarkan memiliki pasar yang tepat.

Memilih supplier terbaik

Dalam berjualan barang impor, sebagai importir Anda tentu harus memilih supplier terbaik. Artinya, buku-buku impor yang ditawarkan merupakan cetakan asli dan dalam kondisi yang masih bersegel. Pastikan juga bahwa supplier tersebut menyediakan fitur pengembalian apabila terjadi kerusakan buku import selama ekspedisi. Hal ini perlu diperhatikan agar Anda tetap mendapat kepercayaan dari konsumen setia.

Menjual dengan harga bersaing

Setelah mendapatkan buku impor dengan kualitas terbaik, sekarang saatnya menentukan harga jual buku tersebut. Hindari untuk membanderol buku impor dengan harga sangat tinggi hanya untuk memperoleh keuntungan. Sebaliknya, Anda dapat menetapkan 10-20% keuntungan dari masing-masing buku impor tersebut. Memang keuntungan yang diperoleh tidak cukup besar, tetapi dengan harga bersaing, buku impor Anda lebih diminati dan pembelian akan berlangsung secara kontinu.

Kemas dalam packaging menarik

Beberapa penjual buku impor terkadang hanya menyertakan sampul plastik bawaan buku tersebut. Nah, untuk menjadi lebih unggul di kalangan konsumen, Anda dapat membuat inovasi terbaru dengan mengemas buku impor dalam packaging menarik. Letakkan buku di dalam box dengan warna-warna cantik, lengkap dengan bonus pembatas buku. Kemasan yang menarik ini akan mendukung peningkatan pada angka penjualan buku impor Anda.

Memanfaatkan platform media sosial

Selain berjualan di situs e-commerce, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai platform media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Instagram. Jual buku impor di Instagram membutuhkan tingkat kreativitas dalam menampilkan foto produk Anda. Pastikan yang ditampilkan adalah buku-buku impor hasil jepretan Anda sendiri agar tidak tersandung persoalan hak cipta. Selain itu, tambahkan juga tagar seperti #bookgrammer atau #bukuimpormurah agar lebih mudah ditemukan pengguna yang lain.

Buat sistem PO dan pilih ekspedisi terpercaya

Jika Anda memiliki modal terbatas untuk menjual buku impor, tidak ada salahnya mencoba peluang dengan memanfaatkan sistem pre-order alias PO. Dengan begini, Anda hanya akan membeli buku-buku impor pesanan pelanggan kepada pihak supplier. Namun, biasanya penjualan buku impor dengan sistem PO harus diawali dengan pembayaran DP setidaknya hingga 50% dari harga buku. Jangan lupa, pilih ekspedisi terpercaya agar buku impor lekas tiba di kota tujuan pelanggan dan berada dalam kondisi yang aman atau tidak mengalami kerusakan.

Tunggu apa lagi? Jual buku impor secara online tidak sesulit apa yang Anda bayangkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.